MakalahKu



BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Kata media berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari kata “medium”. Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti "perantara" atau "pengantar", yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Jadi, dalam pengertian yang lain, media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Banyak ahli dan juga organisasi yang memberikan batasan mengenai pengertian media.

2.      Rumusan Masalah
a.      Apa itu desain media pembelajaran ?
b.      Apa saja prinsip-prinsip desain ?
c.       Apa saja unsur-unsur desain ?3
3.      Tujuan penulisan
Ada pun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui desain media pembelajaran, apa saja prinsip media pembelajaran dan unsur media pembelajaran




BAB II
PEMBAHASAN
A.    DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN
Untuk mendesain sebuah media pembelajaran diperlukan trik-trik khusus serta kemauan untuk belajar. Hal yang paling menyita waktu dalam membuat media pembelajaran adalah mendesain layout (tampilan) dari media tersebut.Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat media pembelajaran yaitu :
1.      Desain Grafis
 Hal-hal penting dalam desain grafis yaitu :
·         Keringkasan
·         Layout
·         Arah
·         Format
·         Grafik
Keringkasan dalam desain layar memerlukan perencanaan yang matang, Tiap gambar harus memiliki makna, pemilihan warna, garis, ruang, bentuk, maupun tekstur harus mendukung bahasa visual bagi audiens.Strategi dalam merancang layout :
·         Ujung kiri atas dari layar sebagi titik fokus utama
·         Unsur dominan dari program dapat ditempatkan pada ujung kiri atas
·         Unsur dominan ditempatkan pada bagian yang terbesar dari layar
·         Unsur yang dominan diberi warna yang lebih gelap Contoh Pola :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjuBtj46LOz0pxCK_bslqyQCPpooGgXgNk8xWZT6aCaF1yOCApQ5rinTwUCh6zbBthkhceQ1yR_2opI7Zxq4pTNw8Xa7LlBSaRR3Wo6PHaoglpH0A7AzKLmQsiytYuNsSZiMgf5pfhoxJU8/s320/Pola+Pustekom.jpg



Alur Perhatian :Arah atau alur perhatian menentukan evektifitas desain grafis
Bagian-bagian dari layar harus seimbang,sehingga mata pertama tertuju ke bagian
yang paling penting .Contoh alur perhatian :Format : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLfn7gGGDKx4hFh1wu5Qxu2ovoWs0zmpdzywcFyrWssINmeeUQS7jOrAotsZ0Rgzls4eoFtopizQIDLhnrHvj5DqCopyHDOopAFwHFFJ9MXrXn7PqQIbyjknp1ygSR58PL2d3gBfqVFA_g/s320/Alur+Perhatian.jpg
·         Usahakan Konsisten dengan format dari layar dari seluruh program
·         Pada keadaan tertentu dapat saja format diubah, misalnya pada saat simulasi atau animasi diperlukan
·         Terlalu banyak variasi dalam format layar akan menimbulkan kebingungan
Grafis :
·         Adalah penting untuk memilih gambar, diagram atau animasi yang berfungsi sebagai media komuniaksi, bukan sebagai pelengkap karena gambar atau diagram tersebut menarik.
·         Hindari untuk terlalu tergantung pada clipart yang sudah jadi
2. Prinsip – prinsip desain
a. Keselarasan (Harmoni)
Keselarasan merupakan prinsip desain yang diartikan sebagai keteraturan tatanan diantara bagian-bagian suatu karya. Keselarasan dalam desain merupakan pembentukan unsur-unsur keseimbangan, keteraturan, kesatuan, dan perpaduan yang masing-masing saling mengisi dan menimbang. Keselarasan (harmoni) bertindak sebagai faktor pengaman untuk mencapai keserasian seluruh rancangan penyajian.
b. Kesebandingan (Proporsi)
Kesebandingan (proporsi) merupakan hubungan perbandingan antara bagian dengan bagian lain atau bagian dengan elemen keseluruhan. Kesebandingan dapat dijangkau dengan menunjukkan hubungan antara:
1. Suatu elemen dengan elemen yang lain,
2. Elemen bidang/ ruang dengan dimensi bidang/ruangnya,
3. Dimensi bidang/ruang itu sendiri.
Dalam grafis komunikasi, semua unsur berperan menentukan proporsi, seperti hadirnya warna cerah yang diletakkan pada bidang/ruang sempit atau kecil.
C. Irama (Ritme)
Irama (ritme) dapat kita rasakan. Ritme terjadi karena adanya pengulangan pada bidang/ruang yang menyebabkan kita dapat merasakan adanya perakan, getaran, atau perpindahan dari unsur satu ke unsur lain. Gerak dan pengulangan tersebut mengajak mata mengikuti arah gerakan yang terjadi pada sebuah karya.
d. Keseimbangan (Balance)
Tujuan utama sebuah karya diskomvis adalah menarik dilihat. Disain komunikasi visual  sebagai media komunikasi yang bertujuan untuk mentransfer informasi secara jelas sekaligus estetis memerlukan keadaan keseimbangan pada unsur-unsur yang ada di dalamnya.
Bentuk keseimbangan yang sederhana adalah keseimbangan simetris yang terkesan resmi atau formal, sedangkan keseimbangan asimetris terkesan informal dan lebih dinamis.
Keseimbangan dipengaruhi berbagai faktor, antara lain faktor tempat posisi suatu elemen, perpaduan antar elemen, besar kecilnya elemen, dan kehadiran lemen pada luasnya bidang.
Keseimbangan akan terjadi bila elemen-elemen ditempatkan dan disusun dengan rasa serasi atau sepadan. Dengan kata lain bila bobot elemen-elemen itu setelah disusun memberi kesan mantap dan tepat pada tempatnya.
E. Penekanan (Emphasis)
Dalam setiap bentuk komunikasi ada beberapa bahan atau gagasan yang lebih perlu ditampilkan dari pada yang lain. Tujuan utama dalam pemberian penekanan (emphasis) adalah untuk mengarahkan pandangan pembaca pada suatu yang ditonjolkan. Emphasis dapat dicapai misalnya mengganti ukuran, bentuk, irama dan arah dari unsur-unsur karya desain.
Dalam penciptaan desain tidak seharusnya elemen yang ada menonjol semuanya, dalam artian sama kuatnya, sehingga terlihat ramai dan informasi atau apa yang akan disampaikan/dikomunikasikan akan menjadi tidak jelas. Tampilnya emphasis merupakan strategi komunikasi.

3.      Unsur-Unsur Desain :
·         Warna
·         Garis
·         Titik
·         Teks
·         Tekstur
·         Ruang
·         Bidang
Peranan garis dalam layout layar tidaklah sesederhana yang kita bayangkan, penggunaan garis yang tidak tepat dapat mengakibatkan kekacauan perhatian bagi mata audiens pada layar kita. Penggunaan bentuk desain dalam layar yang umum :
·         Segi empat biasanya untuk teks dan judul
·         Bentuk lingkaran untuk gambar
·         Bentuk segitiga untuk logo

Tekstur :
·         Penggunaan tekstur dari teks, gambar, grafik dan keseluruhan layar harus memenuhi unsur keseimbangan, tekstur yang terlalu keras dan lunak perlu dihindari
Keseimbangan :
·         Tampilan layan secara menyeluruh harus mencerminkan keseimbangan atas seluruh elemen layar
·         Karakter dari tiap elemen harus dipertimbangkan untuk mendapatkan keseimbangan
Ruang :
·         Peran ruang positif (ruang yang ditempati obyek) dan ruang negatif(tidak ditempati obyek) perlu dipehatikan.
·         Pengaturan ruang negatif yang tidak sesuai akan menimbulkan kesan yang busurk bagi penampilan secara keseluruhan.

Warna :Kekontrasan antara warna latar dan teks harus diperhatikan
Teks :
·         Harus dibedakan antara penggunaan teks untuk judul dan subjudul serta isi
·         Jenis teks untuk informasi sebaiknya jenis serif font seperti times atau garamond













BAB III
PENUTUP

1.      KESIMPULAN

Media adalah segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Kata media berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari kata “medium”. Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti "perantara" atau "pengantar", yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Jadi, dalam pengertian yang lain, media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Banyak ahli dan juga organisasi yang memberikan batasan mengenai pengertian media.

2.      SARAN
Kami menyadari banyak kekeliruan dalam penulisan makalah ini, maka kami menharapkan masukan berupa kritik dan saran yang membangun dari pembaca maupun bapak pembimbing kami dei kesempurnaan makalah ini. Atas masukan, kritik, dan sarannya kami mengucapkan terimakasih








DAFTAR PUSTAKA
rabiyatulhadawiah.blogspot.co.id/2015/06/mendesain-media-pembelajaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Multiple choice and multiple respon

Soal bahasa inggris kelas VII (1 SMP) dalam Blog kali ini saya akan memposting beberapa soal bahasa inggris untuk kelas VII atau SMP kela...